Komunitas Pelestari Hutan

Komunitas Pelestari Hutan alias Kopetan tahun ini memperingati Serangan Oemoem 1 Maret dengan acara Grakan Oemoem Tanam Pohon, yang dilaksanakan 1 Maret 2015. Berbagai komunitas sepeda yang ada di Jogja ikut campur baur dalam acara murah meriah dan berkeringat itu di Hutan Pinus Mangunan.

Tepat pada subuh hari Minggu, 1 Maret 2015, bersama teman-teman dari WSKT Jakarta dan teman-teman BluXpit, akupun ikut acara menanam pohon di kawasan Mangunan. Sebuah rute yang sangat menantang, meskipun rutenya tergolong rute pendek, tetapi tanjakan yang ada cukup curam dan harus fokus agar terhindar dari kecelakaan bersepeda. Yang hebat dari sekian banyak pesepeda itu, ada salah satu yang kukenal dekat, dialah mas Supono Onthel Jogja, pengonthel sepeda kuno yang sanggup sampai ke lokasi acara Gerakan Oemoem Tanam Pohon, meskipun harus ekstra hati-hati ketika turun dari lokasi acara.

Rute kali ini, teman-teman dari WSKT Jakarta akan mencoba memakai sepeda RB (Road Bike) untuk mencoba seberapa jauh mereka mampu mengayuh di atas sadel. Sementara teman-teman BluXpit memakai aneka macam sepeda, sedangkan aku sendiri memilih naik Sepeda Polygon Heist yang sudah lama tidak kunaiki. Inilah saatnya Heister beraksi kembali.

Gowes Rutin sendiri maupun berkelompok

Gowes Rutin sendiri maupun berkelompok

Inti acara sepedaan kali ini sebenarnya adalah mengajak masyarakat Jogja dan yang cinta Jogja untuk lebih peduli dengan alam dan isinya. Gerakan penanaman pohon dipilih sebagai wujud dari kepedulian kita pada alam. Acara ini akan terfokus pada pelestarian hutan di Wana Wisata Mangunan, sekaligus sebagai sarana untuk memperkenalkan pada dunia, bahwa lokasi wisata Mangunan ini sangat memadai sebagai salah satu kawasan yang cocok untuk kegiatan outdoor, baik bagi goweser maupun bagi para penggemar wisata alam.

Bekerjasama dengan Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Yogyakarta, maka acara ini menjadi topik pembicaraan dari beberapa goweser yang dekat dengan komunitas pelestari hutan alias KOPETAN.

Komunitas Pelestari Hutan

Komunitas Pelestari Hutan

Gerakan Oemoem Tanam Pohon ini menjadi salah satu agenda yang banyak dihadiri para goweser Jogja. Para pesepeda yang merasa tidak sanggup mengayuh sepeda sampai lokasi penanaman pohon dan hanya sanggup dari Alkid (Alun-alun Kidul) sampai ke Imogiri (sekitar 20 km), akan dinaikkan ke kendaraan panitia yang selanjutnya akan membawa para pesepeda itu ke lokasi penanaman pohon. Pada kenyataannya ada beberapa pesepeda yang tetap ngotot tidak naik kendaraan panitia, termasuk onthelnya mas Supono, sementara itu yang naik truk panitia ternyata cukup banyak.

Kopetan Peduli Lingkungan

Kopetan Peduli Lingkungan

Kegiatan dari KOPETAN ini bekerja sama dengan HarJo mengajak masyarakat untuk lebih peduli pada lingkungan. Setyo Nusantoro, ketua panitia, ingin menunjukkan betapa besarnya andil masyarakat dalam melestarikan alam dan itu bisa dimulai dari acara semacam ini. Bersama-sama menanam pohon dalam suasana yang suka dan penuh canda ceria. Kegembiraan datang bersama dengan kesadaran betapa pentingnya kegiatan melestarikan alam.

Perjalanan ini akhirnya menempuh jarak 62 km, karena pulangnya melalui jalur pathuk Piyungan.

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

Bike forest healthy "Go Green Mangunan"

Bike forest healthy “Go Green Mangunan”

Sampai ketemu di acara Kopetan yang akan datang, yuk Go Green dimanapun kita berada !!! Jangan lupa sarapan pagi ya 🙂

Bike forest healthy Hutan Pinus

Bike forest healthy Hutan Pinus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s